name='description'/> BiSNIS ONLINE: UNTUNG DITENGAH PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT | Un-de-fined Cendekia

Pages

Senin, 07 Januari 2013

BiSNIS ONLINE: UNTUNG DITENGAH PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT



Seiring dengan semaraknya globalisasi yang selalu digaungkan di seluruh dunia saat ini, rakyat Indonesia seakan tak mau kehilangan momen globalisasi ini. Menurut survey yang dilakukan Nielsen tahun 2011, selama lima tahun terakhir tingkat konsumsi internet masyarakat Indonesia meningkat sampai 22%. Hal ini berkaitan dengan semakin mudahnya akses informasi yang canggih untuk didapatkan.
Mengamati hal ini, para produsen melihat suatu peluang bagi mereka untuk memanfaatkan euforia internet di Indonesia sebagai salah satu media pemasaran mereka. ‘Bisnis Online’, begitulah mereka menamai strategi pemasaran mereka. Bisnis-bisnis ini semakin banyak diminati oleh para pengguna internet. Dengan membuat website, mereka dapat melakukan aktivitas penjualan mereka. Tidak hanya itu, bisnis online ini berkembang dengan terus mengaktifkan diri di dunia blogging, bahkan jejaring sosial, seperti facebook atau twitter.

Di Indonesia, profesi bisnis online cukup menjanjikan dengan melihat perilaku masyarakatnya yang konsumtif. Produk-produk mengenai software, dan perangkat komputer diminati sebanyak 27%, yang umumnya diminati oleh kaum pria. Berbeda dengan kaum pria, kaum wanita jauh lebih berminat pada pembelian buku sebesar 52%, serta pakaian; sepatu; dan aksesoris yang dikonsumsi sebanyak 44%.
Strategi ini umumnya dianggap menguntungkan mereka, karena hanya dengan sedikit modal saja, mereka dapat mengembangkan produk-produk pemasaran mereka sampai ke belahan negara lain. Belum lagi para produsen ini tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk sewa kantor karena pekerjaan ini dapat diorganisasikan dirumah. Tentu saja dengan begitu para produsen dapat menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan karena bisnis online ini tidak membutuhkan banyak karyawan didalamnya.
Meskipun bisnis online ini terbilang mahal karena harga jualnya lebih tinggi, konsumen bisnis online tetap banyak diminati. Hal ini dianggap tak masalah oleh konsumen mengingat mereka dapat mendapakan penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, dengan meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia membuat mereka mau membayar tinggi. Apalagi dengan bertambahnya kesibukan masyarakat yang mengaharuskan mereka bergerak praktis, dan mereka mendapatkannnya pada bisnis online yang juga memfasilitasi mereka dalam hal kenyamanan. (aghniya)

1 komentar:

  1. dan fb saya pun jadi tempat jualannya, ngaremeh pisan haaa

    BalasHapus