name='description'/> Februari 2014 | Un-de-fined Cendekia

Pages

Kamis, 20 Februari 2014

Menelaah Budaya ‘Menyalahkan’


Kali ini saya akan sedikit berbagi hasil pengamatan saya mengenai perilaku masyarakat Indonesia (tak terkecuali saya tentunya :)). Barangkali sifat ‘tak ingin disalahkan’ merupakan sifat yang lumrah bagi manusia. Perilaku kita yang ‘semestinya’ sesuai dengan kehendak orang lain pun menjadi salah satu penyebab mengapa terjadi salah-menyalahkan.

Rabu, 12 Februari 2014

Mana Zero Tolerance Bagi Terpidana Narkoba?


Pada tanggal 10 Februari lalu, Shcapelle Leigh Corby mendapatkan hadiah istimewa dari pemerintah Indonesia. Hadiah ini dipersembahkan setelah Corby menjalani hukuman sejak tahun 2004 lalu. Ya, hadiah itu adalah kebebasan. Kebebasan itu didapat setelah sebelumnya Corby berusaha meminta Grasi (yang dikabulkan) pada Presiden SBY, dan juga beberapa keringanan remisi yang didapatnya selama mendekam di Lapas.
Ini dia yang sejak dulu dipermasalahkan oleh masyarakat. Kemana pemerintah yang katanya menghukum tegas terpidana narkoba? Bahkan Presiden SBY pun sempat menyatakan dalam pidatonya pada Hari Peringatan Anti Narkoba, untuk lebih agresif dalam memberantas narkoba. Ia sendiri mengusulkan untuk mengadakan zero tolerance.